Iklan Bawah Artikel

Pengertian, Karakteristik, serta klasifikasi akun pada perusahaan jasa paling lengkap dan mudah dipahami

Pengertian, Karakteristik, serta klasifikasi akun pada perusahaan jasa paling lengkap dan mudah dipahami
Pengertian, Karakteristik, serta klasifikasi akun pada perusahaan jasa

Pengertian Perusahaan Jasa - Apa itu perusahan jasa? Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya memberikan pelayanan jasa kepada para konsumen.

Produk yang ditawarkan oleh perusahaan jasa kepada konsumen adalah layanan yang tidak bisa dilihat dengan mata, namun dapat dirasakan manfaatnya oleh konsumen.

Ruang lingkup perusahaan jasa meliputi usaha salon, bengkel, kantor akuntan, laundry, transportasi, bank, asuransi, bioskop, notaris, biro konsultan, servis elektronik, percetakan dan usaha jasa lainnya.


Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli


Untuk lebih memahami tentang apa itu perusahaan jasa secara mendetail, simak berikut beberapa pendapat para ahli mengenai apa itu perusahaan jasa.

1. Norman 

Menurut Norman, pengertian perusahaan penyedia jasa adalah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.


2. Christian Gronross

Menurut Christian Gronross , pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan.


3. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.


4. Djaslim Saladin

Menurut Djaslim Saladin, perushaan jasa adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.


5. Adrian Payne

Menurut Adrian Payne, perusahaan jasa adalh perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.


Karakteristik Perusahaan Jasa


Jasa adalah segala aktivitas dan berbagai kegiatan atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual oleh suatu pihak kepada pihak lain yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan perpindahan kepemilikan atas apapun. Menurut Kotler dan Mastrong (2012) terdapat empat karakteristik jasa yang dapat diidentifikasikan sebagai berikut:

  • Tidak berwujud (intangibility), yaitu jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dicium, didengar atau diraba sebelum dibeli dan dikonsumsi.
  • Tidak dapat dipisahkan (inseparability), barang biasanya diproduksi, kemudian dijual, lalu dikonsumsi. Sedangkan jasa umumnya dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama.
  • Keberagaman (variability), jasa memiliki banyak variasi bentuk, kualitas dan jenis tergantung pada siapa, kapan dan dimana jasa tersebut diproduksi dan dikonsumsi.
  • Tidak tahan lama (perishability), jasa tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan. Contohnya kursi pesawat yang kososng tidak dapat disimpan manfaatnnya untuk penerbangan berikutnya. Jadi manfaat dari kursi pesawat yang kosong itu akan hilang jika tidak dipakai pada saat itu.

Klasifikasi Akun Perusahaan Jasa

Secara umum akun dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu akun riil dan akun nominal.

1. Akun Riil (Real Account)

Akun riil adalah akun yang disajikan dalam neraca, antara lain harrta (aktiva), utang (kewajiban) dan modal (ekuitas). Disebut juga akun terbuka (opened account) karena biasanya mempunyai saldo yang akan dibuka kembali pada periode berikutnya. Akun ini bersifat permanen (permanen account).

2. Akun Nominal (Nominal Account)

Akun nominal adalah akun yang disajikan dalam laporan laba rugi, antara lalin pendapatan dan beban. Akun nominal disebut juga akun tertutup (closed account) karena pada akhir periode saldo-saldonya akan ditutup (dinolkan). Akun ini bersifat sementara (temporary account).

Selain itu ada yang disebut dengan akun pengurang (contra account) yaitu walau masuk dalam satu kelompok tapi menguranngi akun lalinnya contohnya cadangan kerugian piutang mengurangi piutang usaha, akumulasi penyusutan mengurangi akun aktiva tetap dan prive mengurangi modal.    


Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian, karakteristik, serta klasifikasi akun pada perusahaan jasa versi Jagoan Akuntansi. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa dishare ya teman-teman.

Sumber : https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-perusahaan-jasa.html

Subscribe Our Newsletter

Previous
Next Post »
avatar
Kecanduan Berbagi Ilmu dan Wawasan

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Cuitan

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel