Iklan Bawah Artikel

Kenali 5 profesi akuntansi keuangan, Manakah pilihan sobat?

Kenali 5 profesi akuntansi keuangan, Manakah pilihan sobat?
profesi akuntansi keuangan

Profesi Akuntansi - Jenis profesi akuntansi merupakan jenis profesi yang kedudukannya sangat dibutuhkan oleh hampir semua bidang. Baik itu dari organisasi sosial sampai organisasi bisnis.

Organisasi sosial yang nyatanya tidak terfokus pada pencarian laba sekalipun, akan tetap membutuhkan sistem pengelolaan keuangan yang baik.

Dan sekarang, admin akan memberikan sedikit ulasan mengenai 5 profesi akuntansi yang dapat Sobat jadikan pilihan saat ini atau lusa nanti.

Mari kita bahas satu persatu...

Memang siapa sih yang membutuhuhkan profesi dibidang Akuntansi itu?


Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa profesi akuntansi merupakan profesi yang benar-benar dibutuhkan oleh hampir semua bidang. Tidak percaya? 

Perhatikan beberapa contoh pertanyaan sederhana berikut ini!

  • Apakah ada rumah tangga yang memerlukan pengelolaan keuangan? Atau sebaliknya, apakah ada rumah tangga yang tidak membutuhkan pengelolaan keuangan?
  • Apakah ada pedagang kaki lima, para penjual nasi, dan warung-warung lain yang membutuhkan pengelolaan keuangan?
  • Apakah ada nih organisasi sosial seperti yayasan panti asuhan, lembaga pengelola zakat, pondok pesantren yang tentu membutuhkan pengelolaan keuangan agar laporannya diakui oleh masyarakat umum?
  • Lebih luasnya lagi, apakah ada perusahaan dagang, jasa, manufaktur, pemerintah sekalipun yang tidak membutuhkan seorang yang ahli dibidang keuangan?

Jawabannya tentu iya bukan? Mereka semua pasti membutuhkan seorang akuntan yang bisa menangani sekaligus mengelola keuangan dengan akurat dan lebih baik.

Jadi buat apa khawatir? Seorang akuntan pasti akan dibutuhkan dimana tempat. 

Masih kurang yakin dengan contoh diatas?

Okelah, akan saya tunjukkan lagi contohnya.

Tahu tidak, apa tujuan dari pendirian usaha dan kenapa pengusaha menjalankan perusahaannya?

Logikanya pasti mereka ingin meraih keuntungan yang sebesar-besarnya bukan?

Lalu bagaimanakah caranya agar keuntungan tersebut bisa diperoleh?

Tentu dnegan senantiasa memantau kondisi dan perkembangan usaha secara terus-menerus bukan?

Tapi disini pertanyaannya, jika seorang pengusaha senantiasa memantau pekerjaan bawahannya dengan terjun dan memantau langsung tentu akan menghabiskan waktu bukan? Lalu dengan cara apa agar pengusaha tersebut tahu perkembangan dari usahanya tersebut tanpa harus terjun langsung ke sub bagian pekerjaan di perusahannya?

Jawabannya tak lain adalah melalui laporan keuangan perusahaan yang ada. Laporan keuangan inilah yang menjadi sumber informais laporan "dimana sih posisi keuangan perusahaan saat ini"?

Dan jika di berkenankan lagi saya untuk bertanya, siapakah yang mampu untuk membuat laporan keuangan yang akurat tersebut?

Tugas tersebut merupakan tugas sobat yang memiliki skill mumpuni dalam bidang akuntansi.


Profesi Akuntansi


Jika kita berbicara mengenai profesi, tentu banyak opsi atau pilihannya bukan? 

"Banyak pilihan, mana ya yang sebaiknya saya ambil?"

Tidak usah bingung, kali ini JejakPintar akan memberikan informasi dan referensi sekaligus panduan kepada sobat setia JejakPintar.

Yuk, Simak sampai bawah!


1. Auditor

Menjadi auditor profesional adalah salah satu jenis profesi yang tepat bagi sobat yang kuliah di jurusan Akuntansi.

Layaknya seorang dokter, jenis profesi akuntansi auditor sangat menjanjikan sebuah pekerjaan yang menantang dan masa depan yang cerah.

"Lalu apa saja yang perlu saya siapkan untuk menjadi seorang auditor profesional?"

Ingat ya sobat, sebelum sobat memilih profesi untuk kehidupan yang cerah dimasa depan, perlu diketahui seluk-beluknya tenntang profesi tersebut.

Sama halnya dengan profesi satu ini, carilah terus informasi mengenai profesi auditor ini.

Menjadi seorang auditor tentu pekerjaannya tak lain adalah mengaudit. 

"Ha? Apa itu audit?"

Audit adalah suatu aktivitas untuk mengevaluasi pekerjaan, organisasi, sistem, proses atau produk dengan menggunakan kriteria tertentu. Tujuannya adalah untuk menentukan bahwa semua aktivitas tersebut dengan sistem yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Dan Auditor adalah orang yang melakukan evaluasi tersebut.

Agar pekerjaan menjadi seorang auditor dapat dilaksanakan dengan baik, tentu seorang auditor harus memiiki bekal kompetensi yang baik di bidang Audit. Jika sobat sangat menginginkan di posisi ini, sobat harus memiliki konsep-konsep dasar akuntansi dan auditing.

Dan ini yang di tunggu-tunggu...
Berapakah gaji dari seorang aditor?

Biasanya untuk gaji seorang auditor yang bekerja di perusahaan berskala besar, ditahun-tahun pertama berkisar antara Rp. 7 juta hingga Rp. 10 juta per bulan.

Lumayan besar juga ya sobat?

2. Akuntan

Menjadi seorang akuntan merupakan profesi yang paling populer dikalangan mereka yang kuliah di akuntansi. Mungkin juga bagi sobat!

Pada dasarnya pekerjaan seorang akuntan baik di industri jasa maupun di industri lainnya selalu berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan.

Gaji seorang akuntan di tahun-tahun pertama berkisar antara 5 hingga 10 juta per bulan.

Agar perjalanan karir sobat lebih menjanjikan dan cemerlang di masa datang, saran dari admin adalah selalu mengikuti pendidikan lanjutan di bidang akuntansi.

Beberapa lembaga sudah menyediakan program pendalaman profesi Akuntansi (PPAk)

Dan mengikuti ujian serifikasi baik itu Certified Management Accountant (CMA) atau Certified Public Accountant (CPA).

3. Credit Analyst

Tugas utama seorang Credit Analyst adalah menganalisa kemampuan calon pencari kredit dalam hal membayar kembali pinjamannya, baik membayar pokok pinjaman dan bunganya.

Seorang Credit Analyst dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, misalnya bank dan lembaga leasing (pembiayaan). Keahlian mereka sangat vital.
Jadi bisa kita bayangkan ya sobat bagaimana perusahaan jika tidak memiliki seorang Credit Analyst atau kemampuan Credit Analyst-nya abal-abal?

Bisa jadi dalam kurun waktu yang tidak lama perusahaan seperti itu akan kebobolan dan pada akhirnya collaps.

Untuk menjadi seorang Credit Analyst, sobat haruslah meniti karir mulai dari kuliah S1 dan bekerja di institusi perbankan dan lembaga pembiayaan.

Seiring dengan berjalannya waktu, keahlian tersebut akan terasah dengan baik.

Secara umum gaji yang akan diperoleh pada tahun tahun awal seorang Credit Analyst adalah berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta per bulan.

4. Account Receivable

Account Receivable kan bahasa asingnya piutang? Ko bisa mejadi nama pekerjaan?

Sesuai dengan namanya, jenis profesi akuntansi ini adalah menangani proses akuntansi piutang. Misalnya saja memasukkan data dan menyiapkan bukti-bukti transaksi.

Proses pencatatan Account Receivable adalah saat pelanggan membeli dengan Down Payment atau mebayar semua transaksi di muka.

Seorang Account Receivable bertanggung jawab mempersiapkan seluruh aktivitas yang berhubungan dengan yang dibawah ini semuanya, diantaranya yaitu:

  • Sales Invoice
  • Account Receivable Journal
  • Sales Journal
  • Outsanding Balance
  • Account Receivable Reconcilition
  • Account Receivable Anging Report

Selain itu pula juga seorang Account Receivable harus memastikan seluruh dokumen tersebut dilaporkan dengan akurat dan juga tepat waktu.

Untuk melakukan pekerjaan ini seorang lulusan SMK pun sebenarnya sudah bisa, tanpa harus kuliah S1 Jurusan Akuntansi.

Untuk tahun pertama gaji seorang Account Receivable berkisar antara Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta per bulan.

Bagaimana sobat? Apakah tertarik dengan profesi satu ini?

5. Entrepenuer

Dewasa ini, menjadi seorang pengusaha di usia muda merupakan salah satu jenis profesi yang favorit bagi para fresh graduate, bahkan mereka bisa memulai saat belum lulus kuliah.

Kualitas terpenting yang harus disiapkan untuk menjadi entrenuer adalah cukup dengan energi dan kreativitas 

Mulailah mencari ide-ide baru saat ini juga, tidak perlu muluk-muluk yang penting dapat terealisasi. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita tetap berusaha.

Jadi apa lagi? Mulai saja dari yang sobat mampu, misalnya saja buat angkringan kopi seduh. Atau hal lainnya yang sekiranya itu merupakan ide cemerlang sobat.

Ingatlah pepatah ini, " Jika Anda pantang menyerah apabila terjatuh dan terus belajar, peluang Anda sukses tetap ada, Anda hanya harus berani melakukannya."

Yah Start Up Bisnis...


Bagaimana sobat? Cukup membantu apa tidak? Semoga kali ini sobat bisa menentukan lebih matang lagi pekerjaan apa sih yang tepat buat masa depan sobat! Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya sobat! Profesi Akuntansi.

Subscribe Our Newsletter

Previous
Next Post »
avatar
Kecanduan Berbagi Ilmu dan Wawasan

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Cuitan

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel