Iklan Bawah Artikel

Cara Cepat dan Ampuh Mengatasi HP Android Lemot Agar Kembali Lancar dengan mudah (Dijamin 100% sukses)

cara mengatasi hp lemot

Cara Mengatasi HP Lemot - Memiliki hp yang lemot tentu menjadi persoalan yang terkadang membuat kita menjadi emosi sendiri. Ingin bermain game loadingnya lama, ingin mengirim email susahnya minta ampun. Memang hal tersebut terkadang membuat kita naik darah menjadi-jadi.

Perangkat elektronik merupakan perangkat yang cukup rentan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja faktor usia dan faktor lainnya yang terjadi karena kecerobohan kita, seperti terkena air, jatuh, atau bahkan sering terlindas saat kita tidur.

Sama halnya dengan hp lemot. Suatu perangkat bisa menjadi lemot bukan tanpa sebab. Hal tersebut juga pasti didasarkan atas beberapa indikator yang membuat gadget yang kita miliki menjadi lambat saat berkinerja. 

Maka dengan demikian itu, berbijaklah dalam mengelola gadget yang sobat miliki. Jangan semua jenis file kita unduh, jangan sembarangan menggunakan aplikasi dan juga update lah setiap saat sistem operasi hp kita ada pembaharuan. Karena pada dasarnnya penurunan kinerja ponsel kita disebabkan oleh virus yang menumpuk.

Untuk itu, bagi sobat yang merasakan HPnya tidak dapat bekerja dengan kinerja yang baik lagi karena ada gangguan dengan softwarenya, maka simaklah beberapa ulasan tips dan trik Jejakpintar dalam mengatasi HP android yang lemot berikut ini. 


Cara Mengatasi HP Lemot ala JejakPintar!


1. Selalu Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

cara pertama mengatasi hp lemot

Salah satu penyebab ponsel menjadi lemot adalah karena software dan berbagai aplikasi di dalamnya tidak sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Artinya, kita perlu untuk melakukan pembaharuan setiap ada update untuk menyesuaikan dengan sistem terbaru.

Jika sobat membiarkan aplikasi agar tidak di update, maka hal tersebut akan memberikan dampak pada kinerja ponsel sobat. Yang pada akhirnya HP menjadi lemot untuk membaca data yang ada.

Maka dari itu, sobat perlu memperhatikan setiap adanya pembaharuan yang muncul di handphone sobat. Karena biasanya beberapa aplikasi melakukan pembaharuan bug di setiap update-annya.


2. Bersihkan Data Cache

cara kedua mengatasi hp lemot
Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah sobat gunakan. Dengan adanya cache yang ada di android, sobat akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun dibalik manfaat tersebut, data cache yang menumpuk akan membuat HP sobat menjadi lemot.

Untuk itu sobat harus melakukan pembersihan terhadap data cache yang menumpuk di ponsel sobat. 


3. Hapus aplikasi yang sudah tidak terpakai

cara ketiga mengatasi hp lemot
Adanya perkembangan IT tentu saja membuat para developers kian bersemangat untuk menciptakan teknologi terbaru. Contohnya saja aplikasi terkini yang berada di Google Play Store. Hal tersebut tentu akan membuat para pengguna ponsel menjadi lebih tertarik untuk mengunduh setiap aplikasi terbaru.  

Namun, perlu sobat ketahui. Tanpa di sadari, banyak aplikasi yang hanya menarik di awal saja atau bahkan ternyata memiliki fungsi yang sama saja dengan aplikasi yang sebelumnya kita pasang.

Dampaknya adalah ruang penyimpanan di ponsel sobat menjadi penuh, tersita oleh aplikasi yang sebenarnya tidak berguna. Maka agar ponsel tidak menjadi berat saat digunakan, kelola lah aplikasi yang ada. Kalau perlu hapus aplikasi yang sekiranya sudah tidak sobat perlukan lagi.


4. Kurangi penggunaan Widget

cara keempat mengatasi hp lemot
Cara mengatasi hp lemot berikutnya adalah dengan mengurangi penggunaan widget. Widget berfungsi sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi pada halaman home screen.

Meski fungsinya untuk mempermudah kita dalam membuka aplikasi dan juga mempercantik tampilan handphone, tetapi penggunaan widget juga isa menguras tenaga RAM yang cukup besar. 

Imbasnya, Hp sobat akan menjadi lemot atau mengalami penurunan kinerja. Untuk itu, akan lebih baik jika sobat selalu memperhatikan penggunaan widget untuk mengatasi HP lemot.


5. Perhatikan Jumlah Penyimpanan yang Tersisa

cara kelima mengatasi hp lemot

Selain RAM, kapasitas memori internal juga sangat berpenngaruh pada performa ponsel yang kita milliki. Itulah mengapa, pengelolaan terhadap memori internal merupakan suatu tindakan yang penting untuk mengatasi HP lemot.

Saat kita baru saja membeli sebuah ponsel, dengan kapasitas memori internal yang ada dirasa sudah cukup besar jika kita gunakan. Namun setelah kita gunakan, penggunaan memori internal terasa begitu cepat penuh dan menyebabkan hp kita menjadi lemot.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika sobat memperhatikan penyimpanan di ponsel sobat. Hindari penyimpanan data yang dapat membuat memori internal menjadi penuh.


Itu tadi beberapa cara mengatasi hp lemot agar bisa kembali lancar dan gesit seperti saat baru beli. Ingat ya sobat, tidak semua permasalahan hp lemot dapat diatasi dengan cara yang sama.

Jika cara-cari yang kami sediakan di atas tidak cukup membantu sobat atau tidak mempan, salah satu cara lalin yang dapat sobat lakukan yaitu mereset kembali sesuai kondisi pabrik. 

Seberapa canggih atau seberapa sering sobat menggunakan hp kalian, suatu saat akan mengalami dimana kinerja akan menjadi lemot. Jadi, gunakanlah ponsel sebaik dan sebijak mungkin.

Subscribe Our Newsletter

Previous
Next Post »
avatar
Kecanduan Berbagi Ilmu dan Wawasan

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Cuitan

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel