Iklan Bawah Artikel

Paling Lengkap! 7 jenis kopi di Indonesia yang laris dipasaran Internasional

Jenis kopi di Indonesia yang laris dipasaran Internasional

Jenis Kopi di Indonesia - Halo sobat! Berbicara mengenai jenis kopi yang ada di Indonesia tentu tidak akan pernah ada bosannya. Sebagai negara dengan hasil alam yang begitu melimpah, tak salah jika Indonesia dikenal dengan negara yang subur. Kesuburan itulah yang mampu menjadikan Indonesia bertengger di urutan ke tiga sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Bahkan produksi tahunan kopi dunia yang mencapai 600 ribu ton, Indonesia mampu menyuplai tujuh persen kebutuhan kopi dunia. Fakta yang sangat membanggakan sekali bukan?

Lalu apa sajakah jenis kopi yang mampu menjadikan Indonesia di kenal sebagai negara penghasil kopi terbaik dunia? Yuk simak terus artikel dibawah ini sobat!

Apa Jenis Kopi Terkenal di Indonesia itu?


Pemerintah menyatakan setidaknya ada 16 jenis kopi yang di minati oleh Pasar Internasional. Namun, tujuh diantaranya di bawah ini adalah yang paling favorit.

Diantaranya adalah:


1. Kopi Gayo

Berbicara mengenai kopi Gayo, siapa sih yang tidak tahu dengan jenis kopi satu ini? Kopi yang tersohor dengan rasanya yang khas dan unik ini menjadikan para pecinta kopi selalu berburu dan menjadikan Kopi Gayo sebagai stok minuman yang ada di rumah.

Kopi yang berasal dari tanah Gayo, Aceh Tengah ini mempunyai cita rasa yang tinggi dengan aroma nikmat yang khas dan juga tingkat keasaman yang lebih rendah serta memiliki rasa pahit yang begitu kuat.

Maka tak jarang jika kopi jenis ini menjadi primadona dan paling banyak di konsumsi oleh masyarakat. Baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.


2. Kopi Toraja

Kopi Toraja lahir di daerah Sulawesi Selatan tepatnya di Pegunungan Toraja. Tanah Toraja dianugerahi dengan tanah yang begitu subur sehingga berbagai jenis kopi akan tumbuh dengan subur dan baik di tempat ini, ya termasuk kopi Toraja.

Rasanya yang kuat dengan tingkat keasaman yang begitu tinggi, membuat kopi Toraja juga banyak diminati di berbagai pasaran.

Kopi Toraja memiliki bentuk biiji yang kecil dan lebih mengkilap dan licin pada kulit bijinya.

Meskipun demikian, aroma yang dihasilkan dari kopi Toraja begitu nikmat dan bersahaja. Aroma inilah yang membedakan Kopi Toraja dengan kopi jenis lainnya.


3. Kopi Jawa

Kopi Jawa sudah mulai dikenal dunia sejak zaman Belanda dahulu, tepatnya aitu pada abad ke 17.

Melalui orang-orang Belanda inilah , Kopi Jawa terus dikembangkan dan ditingkatkan. Sehingga tak salah, jika dulu Indonesia menyandang sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia.

Melalui proses giling basah yang sangat berbeda dan menarik untuk dicicipi, terciptalah kopi dengan aroma tipis khas rempah-rempah. Kopi ini lahir dengan cita rasa yang begitu beda. Kopi Jawa ini dihasilkan di Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.


4. Kopi Flores

Flores terkenal dengan wisatanya yang tiada tara. Keindahan alamnya memberikan kesan eksotik yang tak jarang membuat para traveller rela menyinggahkan diri untuk menikmati destinasi wisata di tanah Flores.

Dan siapa sangka, jika dibaliknya keindahan alamnya yang begitu mempesona Flores memiliki  niji kopi berkualitas dan tak kalah dengan kopi jenis lainnya.

Kopi ini tumbuh subur di daerah Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tanahnya yang mengandung andosol suburban, menjadikan Kopi Flores ini tumbuh dengan kualitas yang sangat baik dan subur. Kopi ini memiliki sedikit aroma buah dan bau tembakau seteah dicicipi. Inilah yang menjadi keunikan dari Kopi Flores Bejawa.


5. Kopi Papua Wamena

Kopi yang berasal dari wilayah timur Indonesia ini tumbuh dengan ketinggian 1.500 meter dengan suhu 20 derajat. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang rendah yang mungkin hal tersebut dikarenakan letak geografisnya dan juga struktur tanah tempat Kopi Wamena tumbuh dan berkembang.

Yang membuat kopi ini berkualitas tinggi adalah para petani yang tanpa menambahkan bahan kimia dalam penanamannya. Hal ini tentu akan memberikan hal tersendiri pada kopi yang dihasilkan. Untuk para sobat pecinta kopi yang suka kopi dengan rasa ringan dan lembut, aroma tajam yang nikmat serta tekstur yang enak tanpa ampas. Kopi Papua Wamena inilah pilihan yang tepat buat sobat.


6. Kopi Luwak

Berbicara mengenai jenis kopi di Indonesia, belum lengkap rasanya jika belum membahas tentang jenis kopi ini. Kopi yang menjadi incaran para pecinta kopi seantero dunia ini memang memiliki cita rasa yang begitu nikmat.

Produksinya yang terbatas menjadikan kopi ini langka dan mahal untuk dikonsumsi. Proses menghasilkan kopi ini juga terbilang unik. Yaps, proses untuk dapat menghasilkan kopi ini berasal dari kotoran hewan luwak sesaat setelah memakan biji kopi pilihan.

Sejarah terciptanya kopi luwak ini berasal dari orang-orang Belanda pada zaman dahulu.  Para petani pada zaman dahulu tidak diperbolehkan mencicipi kopi hasil tanamannya.

Suatu ketika para petani melihat luwak yang sedang makan biji kopi. Dan ternyata para luwak tersebut tidak dapat mencerna biji kopi yang di makannya tadi. Dilihat dari hasil kotoran luwak yang masih menyisakan biji kopi, muncullah rasa penasaran para petani untuk merasakan kopi tersebut.

Akhirnya para petani mengambil kopi tersebut dan kemudian merebusnya. Siapa sangka, ternyata biji kopi tersebut menghasilkan sajian kopi yang bercita rasa tinggi hingga saat ini.


7. Kopi Kintamani

Selain terkenal dengan wisatanya yang mendunia, Bali juga memiliki kopi khas yang masuk ke jajaran kopi berkualitas milik Indonesia. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar.

Hal tersebut terjadi karena sistem penanaman kopi yang ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayur dan buah jeruk atau biasa kita kenal dengan istilah "tumpang sari".

Selain memiliki cita rasa "buah", kopi Bali Kintamani ini memiliki rasa yang lembut dan juga tidak berat. Bagi sobat yang menginginkan kopi dengan rasa yang segar dan dan nikmat, Kopi Bali Kintamani ini dapat menjadi solusi yang paling tepat buat sobat.


Nah, bagaimana sobat? Dari beberapa jenis kopi di Indonesia yang admin ulas diatas, manakahyang menjadi favorit sobat? Boleh dong share di kolom komentar. Jangan lupa share ke teman teman yang lain ya sobat. Semoga bermanfaat salam JejakPintar.

Subscribe Our Newsletter

Previous
Next Post »
avatar
Kecanduan Berbagi Ilmu dan Wawasan

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Cuitan

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel